Kajian Ramadhan: Wasiyatul Musthofa Gus Alamudin - Trimurjo Region
Jika anda ingin menjadi penulis, silahkan klik ini. Load...

Kajian Ramadhan: Wasiyatul Musthofa Gus Alamudin


Karya ilmiyah para ulama salaf yang tertuang dalam kitab kuning merupakan warisan yang tak ternilai harganya dan patut untuk dijaga. Karena melalui kitab kuning inilah kita bisa memahami pola pikir mereka dalam mengembangkan ajaran Islam dan mengatasi permasalahan yang ada dengan mengedepankan kemaslahatan umat tanpa harus keluar dari jalur Al-Qur'an dan Al-Hadis yang merupakan sumber hukum ajaran Islam.

Mengatasi permasalahan saat ini kita harus bisa melakukan tiga gerakan dalam mengkontestualisasikan kitab kuning agar hasil pemikiran kita bisa diterima disemua kalangan. Antara lain: Pertama dengan melihat kebelakang (memahami sejarah pemikiran dan social budaya). Kedua memahami permasalah saat ini.Ketiga memberikan proyeksi terhadap masa depan. Dan semua itu termulai dari membaca dan menulis.

Semoga kita diberikan kemampuan oleh sang Pembuat syariat Islam dalam mengatasi permasalah dimasa ini dan masa yang akan datang tanpa keluar jalur. Amin ….

[1] وَفَضْلُ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ إِنَّ الْعُلَمَاءَ وَرَثَةُ الْأَنْبِيَاءِ 

Hadits yang diriwayatkan dari Abi Darda yang terdapat dalam kitab sunan Turmudzi.

Reposted from @alamudin.dr