Mengapa Mazhab Imam Syafi'i Menjadi Salah Satu Mazhab Besar di Dunia Islam? - Trimurjo Region
Jika anda ingin menjadi penulis, silahkan klik ini. Load...

Mengapa Mazhab Imam Syafi'i Menjadi Salah Satu Mazhab Besar di Dunia Islam?


 Oleh: KH. Ma'ruf Khozin 

Pondok Darussalam Kencong, Pare, yang telah memiliki kampus dengan ratusan santri, selama 2 hari ini mengadakan Daurah Aswaja dengan beberapa narasumber yang kebanyakan dari para kiai muda di Pare, Kediri.

Saya mendapat amanah tema tentang mengapa bermazhab? metode mazhab dan sistem dalam mengambil keputusan di lingkungan Nahdlatul Ulama. Pada sesi tanya jawab ada salah satu mahasantri bertanya mengapa yang menjadi dominasi di dunia islam ini adalah Mazhab Syafi'i?

Saya menjawab secara geografis, Mazhab Syafi'i disebarkan ke wilayah Asia khususnya Indonesia. Dan karena Indonesia jumlah muslimnya terbesar di dunia, tentu secara rasional menunjukkan bahwa Mazhab Syafi'i memang menjadi yang terbesar.

Akan tetapi ada riwayat bahwa salah satu dari keturunan suku Quraisy keilmuan orang tersebut akan memenuhi isi dunia. Menurut Imam Ahmad sosok tersebut tidak lain adalah Imam Syafi'i, seperti dalam riwayat berikut:

ﻗﺎﻝ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﺣﻨﺒﻞ: ﺇﺫا ﺳﺌﻠﺖ ﻋﻦ ﻣﺴﺄﻟﺔ ﻻ ﺃﻋﺮﻑ ﻓﻴﻬﺎ ﺧﺒﺮا ﻗﻠﺖ ﻓﻴﻬﺎ ﺑﻘﻮﻝ اﻟﺸﺎﻓﻌﻲ؛ ﻷﻧﻪ ﺇﻣﺎﻡ ﻗﺮﺷﻲ ﻭﻗﺪ ﺭﻭﻯ ﻋﻦ اﻟﻨﺒﻲ: -ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ- ﺃﻧﻪ ﻗﺎﻝ: "ﻋﺎﻟﻢ ﻗﺮﻳﺶ ﻳﻤﻸ اﻷﺭﺽ ﻋﻠﻤﺎ".

Ahmad bin Hambal berkata "Jika saya ditanya tentang suatu masalah yang tidak saya ketahui tentang hadisnya, maka saya fatwakan dengan fatwa Syafi'i. Sebab beliau adalah seorang Imam dari suku Quraisy. Dan sungguh telah diriwayatkan dari Nabi shallallahu alaihi wasallam "Akan ada satu orang alim dari suku Quraisy yang memenuhi bumi ini dengan ilmunya" (Siyar A'lam An-Nubala, 10/271)