STATUS SHOLAT MEMAKAI SANDAL DAN PERPIJAK PADA SEPATU/SANDAL - Trimurjo Region
Jika anda ingin menjadi penulis, silahkan klik ini. Load...

STATUS SHOLAT MEMAKAI SANDAL DAN PERPIJAK PADA SEPATU/SANDAL


PERTANYAAN:

Assalamualaikum

Mau nanyak ust..Apakah sah sholat jenazah pakai sandal.. 

Kebetulan dilam musholla sudah penuh orang yg sholat janazah lalu sholat diluar musholla hanya pakai sandal..

Bgaimana ust..


JAWABAN:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

•Yang perlu diperhatikan adalah cara pemakaian sandal ketika shalat ataupun membawa sandal turut serta dalam ibadah shalat. Jika yang dimaksud adalah shalat dengan memakai sandal maka shalatnya tidak sah dikarenakan salah satu dari syarat sahnya shalat adalah sesuatu yang dipakai (malbus) haruslah suci dari najis. Sehingga ketika sandalnya ini tetap dipakai (jari kakinya dikaitkan ke tali sandalnya) maka sandal tersebut tergolong malbus.

•Tapi jika yang dikehendaki adalah sandalnya hanya dijadikan sebagai tempat pijakan dengan tanpa mengaitkan jari kakinya ke tali sandal maka praktek yang demikian tidaklah bermasalah. Dalam artian shalatnya tetap sah. Paling tidak ia dikatakan muhadzah (sejajar) dengan najis ketika najisnya berada di bawah sandal yang ia pijak. Dan hal demikian sama halnya ketika shalat diatas sajadah yang di bawahnya terdapat najis.

Apabila seseorang shalat di atas karpet yang di bawahnya terdapat najis, atau ia shalat di atas ranjang yang mana penyangganya terdapat najis maka hal tersebut tidak membahayakan shalatnya. Jika sebuah najis sejajar dengan dadanya tatkala ia sujud atau melakukan rukun yang lain, maka dalam keadaan demikian terdapat dua pandangan. Menurut qaul ashah shalatnya tidak batal karena ia tidak membawa terhadap najis dan tidak shalat di atas najis.

Jika seseorang melaksanakan shalat di atas dataran yang terdapat najis, jika tempat najis diketahui olehnya maka hindari najis tersebut dan shalat ditempat lain. jika di atas najis tersebut diberi alas, lalu ia shalat di atas alas tersebut maka hal ini diperbolehkan, karena ia tidak bersentuhan dengan najis dan tidak membawa sesuatu yang menempel pada najis. 

*المجموع النواوي. ج: ٣- ص: ١٣٨-*

٥. قال المصنف رحمه اللـه تعالى: فإن صلى على أرض فيها نجاسة، فإن عرف موضعها تجنبها وصلى في غيرها *وإن فرش عليها شيئاً وصلى عليه جاز لأنه غير مباشر للنجاسة* ولا حامل لما هو متصل بالنجاسة وإن خفي عليه موضع النجاسة، فإن كانت في أرض واسعة فصلى في موضع منها جاز، لأنه غير متحقق لها ولأن الأصل فيه الطهارة، وإن كانت النجاسة في بيت وخفي موضعها لم يجز أن يصلي فيه حتى يغسله ومن أصحابنا من قال: يصلي فيه حيث شاء كالصحراء، وليس بشيء، لأن الصحراء لا يمكن حفظها من النجاسة، ولا يمكن غسل جميعها، والبيت يمكن حفظه من النجاسة وغسله (فإذا نجس أمكن غسله، وإذا خفي موضع النجاسة منه غسله كله كالثوب وإن كانت النجاسة في أحد البيتين واشتبها عليه تحرى كما يتحرى في الثوبين).الشرح: في هذه القطعة مسائل أحداها: إذا كان على الأرض نجاسة في بيت أو صحراء تنحى عنها وصلى في موضع لا يلاقي النجاسة، *فإن فرش عليها شيئاً بحيث لا يلاقيه منها شيء صحت صلاته* ، وإن كان الثوب مهلهل النسج فقد سبق حكمه قريباً.

*الحديث رواه البخاري. ٣٨٦*

١. عَنْ سَعِيْدِ بْنِ يَزِيْدَ الْأَزْدِيِّ قَالَ سَأَلْتُ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ: أَكَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي فِي نَعْلَيْهِ؟ قَالَ نَعَمْ. 

*كتاب فتح الباري. ١٠٠/٢*

٢. قَالَ اِبْنُ بَطَّالٍ : هُوَ مَحْمُوْل عَلَى مَا إِذَا لَمْ يَكُنْ فِيْهِمَا نَجَاسَة، ثُمَّ هِيَ مِنَ الرُّخَصَّ كَمَا قَالَ اِبْنُ دَقِيْقٌ الْعِيْد لَا مِنَ الْمُسْتَحَبَّاتٍ ؛ لِأَنَّ ذَلِكَ لَا يَدْخُل فِي الْمَعْنَى الْمَطْلُوْب مِنَ الصَّلَاةِ ، وَهُوَ وَإِنْ كَانَ مِنْ مَلَابِس الزِّيْنَة إِلَّا أَنَّ مُلَامَسَته الْأَرْض الَّتِي تَكْثُر فِيْهَا النَّجَاسَات قَدْ تَقْصُر عَنْ هَذِهِ الرُّتْبَة.

*كفاية الأخيار، تقي الدين ابو بكر بن محمد الحسيني. ج: ١- ص: ١٠٨-*

٣. ولو صلى على بساط تحته نجاسة أو على طرفه نجاسة أو على سرير قوائمه على نجاسة لم يضر ولو كانت نجاسة تحاذي صدره في حال سجوده أو غيره : فوجهان الأصح لا تبطل صلاته لأنه غير حامل للنجاسة ولا مصل عليها

*شيخ ابي اسحاق الشيرازي، المهذب. ج: ١- ص: ١١٦-*

٤. فإن صلى على أرض فيها نجاسة فإن عرف موضعها تجنبها وصلى في غيرها وإن فرش عليها شيئا وصلى عليه جاز لأنه غير مباشر للنجاسة ولا حامل لما هو متصل بها .

والله أعلم بالصواب

Diskusihukumfiqh@gmail.com