Politisasi Agama Merusak Tatanan Sosial dan Peradaban - Trimurjo Region
Jika anda ingin menjadi penulis, silahkan klik ini. Load...

Politisasi Agama Merusak Tatanan Sosial dan Peradaban


Bagi agama apapun Politisasi Agama hanya akan menimbulkan perpecahan baru, bahkan bisa saling bermusuhan meski sama dalam keimanan. Ini terjadi pada Islam di Afrika dan Asia, terjadi pada Kristen dan Katolik di Eropa-Amerika, Hindu di India, Buddha di Myanmar dan banyak tempat lainnya.

Politisasi Agama selama berabad-abad juga terbukti merusak tatanan sosial dan melahirkan berbagai aksi kekerasan atas nama agama. Politisasi Agama adalah perilaku "politik primitif" yang merusak peradaban manusia demi dukungan elektoral yang murah dan instan.

Karena itu, untuk menyelamatkan agama-agama dan negara dari perpecahan, saya bersama para pengajar yang lain selalu minta kepada para siswa dan siswi untuk melawan Politisasi Agama. Jangan dukung mereka yang getol membajak rumah-rumah ibadah untuk kampanye, membajak jubah-jubah kesalehan dan simbol agama. 

Ingat! Siapapun Capresnya, Calegnya atau apapun Parpolnya, jangan dukung mereka yang melakukan praktik Politisasi Agama. Jangan mau berkompromi dengan para pembual!

"Mereka yang menggunakan dalil-dalil agama dalam mencapai kekuasaannya, kelak juga akan menggunakan dalil-dalil agama dalam kejahatannya."

- عبد الرحمن بن محمد بن خلدون الحضرمي -

Oleh: Ust. Islah Bahrawi