Jenis Ikan Gurame - Trimurjo Region
Jika anda ingin menjadi penulis, silahkan klik ini. Load...

Jenis Ikan Gurame

Sedia Jenis Ikan Gurame
Di Jual Bibit Ikan Gurame
Caption by: binatangpeliharaan.org 

1.    Gurame Soang 
Gurame soang ini juga dikenal sebagai gurami jawa barat karena pada awalnya banyak terdapat di Jawa Barat, terutama di Ciamis dan sekitarnya. Gurame jantan memiliki dahi yang lebih menonjol dibandingkan gurami betina. Semakin dewasa, bentuk dahi semakin menonjol ke atas seperti kepala angsa (soang — Sunda). Karena itulah, gurame jenis ini disebut gurame soang.

2.    Gurame Jepun
Gurame Jepun dikenal dengan nama gurame jawa tengah atau gurami purwokerto. Ukuran tubuhnya lebih kecil, panjangnya maksimal 45 cm dengan bobot 3,5 – 4 kg. Tubuhnya berwarna hitam dengan sisik kecil-kecil. Produksi telurnya 2.000 – 3.000 butir telur per periode bertelur.

3.    Gurame Bastar
Gurame lain yang banyak dikenal oleh petani di Jawa Barat ialah gurame bastar. Gurami bersisik besar ini berwarna agak kehitaman dengan kepala putih. Sosoknya bongsor seperti gurami soang, tetapi kepalanya tidak terlalu nongnong. Laju pertumbuhannya pun cepat. Sayangnya, produksi telurnya hanya 2.000 – 3.000 butir setiap kali memijah.

4.    Gurame Bluesafir
Gurame bluesafir ini tubuhnya berwarna merah mudah cerah. Berat maksimum hanya 2 kg/ekor. Sekali memijah, induk betina menghasilkan sekitar 6.000 butir terlur. Gurami ini biasa dijadikan hiasan akuarium.

5.    Gurami Paris
Tubuh gurami jenis ini berwarna dasar merah muda cerah mirip gurami bluesafir. Kepalanya berwarna putih dan terdapat bintik atau totol hitam di sekujur tubuhnya. Bobot maksimum hanya 1,5 kg/ekor. Gurame paris mampu menghasilkan sekitar 5.000 butir telur sekali memijah. Jenis ini tergolong tidak produktif untuk dijadikan gurami konsumsi.

6.    Gurame Porselen
Tubuhnya berwarna merah muda cerah dengan bagian bawah tubuh putih. Ukuran kepala relatif kecil. Gurame porselen mampu menghasilkan telur sampai 10.000 butir sekali memijah. Gurami ini dicari sebagai benih unggul.

7.    Gurame Kapas
Warnanya putih keperakan seperti kapas. Sisiknya kasar dan besar. Bobotnya hanya mencapai 1,5 kg/ekor. Sementara itu, produksi telurnya hanya 3.000 butir sekali memijah.

8.    Gurame Batu
Warnanya hitam merata dan sisiknya kasar. Pertumbuhannya termasuk lamban. Pada umur 13 bulan bobot hanya mencapai 0,5 kilogram. Karena itu, gurami ini sangat tidak produktif untuk dibudidayakan sebagai gurame konsumsi.
**copas 1001budidaya.com**

Dalam esai sederhana kali ini kami secara pribadi menawarkan bibit ikan gurame dengan ukuran kecil mulai 1cm (umur 20-30 hari) sapai ukuran 5cm, dengan harga Rp.500/ekor sampai Rp.1.000/ekor . Tentunya harga tersebut kondisional dan juga terjangkau bagi kalangan pembidudaya ikan gurami (gurame), baik untuk pemula maupun skala besar. Menerima pesanan mulai 1.000 ekor sampai 1jt ekor lebih.

Kami telah bekerjasama dengan beberapa Pokdakan (Pembudidaya Ikan) profesional di Purwokerto Jawa Tengah dan sahabat-sahabat yang ada di Pokdakan wilayah Jawa Timur. Alamat kami ada di sekitar Metro Lampung, dapat di kirim via paket Bus Cepat yang sudah bekerjasama sehingga lebih aman.


Pemesanan ikan gurame dapat melalui kontak kami;
Kontak          
: 085269826969 / 0857 43431686
Alamat           : 18 Polos, Notoharjo, Kec. Trimirjo, Lampung Tengah