Sahabat Musuh




Dalam persahaban tida ada kebencian, tidak ada putus dalam persahatan, apalagi mantan sahabat..! Karena persahabatan adalah mutiara hikmah yang khas baik dalam praktik maupun hal apapun yang dipersembahkan untuk sosok sahabat. Ia selalu menyapa dalam keadaan maupun posisi tertatih, selalu menyuguhkan perkara indah walau harus diuji dengan adu domba bagi yang tidak sepakat adanya persahabatan, walau harus dihadang dengan pertikaian yang mengakibatkan bercerai berai.
Ketika sahabat tersesat ditengah jalan maka ia akan melambaikan tangan dengan penuh pengertian dan kasih sayang. Ia tetap berusaha terus mengajak membujuk demi kebersamaan menuju satu kesatuan. Bukan dengan diam yang kadang mengundang prasangka buruk, bukan dengan kedengkian yang mengakibatkan permusuhan, dan bukan dengan kekerasan yang membawa korban, namun dengan cara khas yang biasa sahabat suguhkan.
Jika keluar dari pada itu maka bukan lah sahabat, namun adalah proses perbudakan, proses “pembunuhan”, dan merupakan proses diskriminas atas kepentingan sepihak yang lebih kejam dari pada musuh kehidupan. Karena sungguh, sahabat nabi Muhammad bin Abdillah sollallohu alaihi wasalam tidak pernah sama sekali menyuguhkan perkara buruk yang mengakibatkan bercerai berai.
Nilai-nilai persahabatan rentan dan hangus terbakar oleh keegoisan yang didasari dikotomi dan propaganda dalam rangka pembobolan dan pembobrokan eksistensi sebagai sosok pembawa misi rohmatallil alamin.
Semoga kita semua dapat menjaga dengan menjalin persahabatan secara utuh tanpa dikotori prasangka buruk yang melahirkan pertikaian-pertikaian yang disukai oleh sosok pelopor kejahilan. Salam sahabat J

                                          Allahumma Sholli Alaa Sayyidina Muhammad SAW

Related Post

Next
Previous

0 Komentar: