Kebangkitan Manusia Digital?

Ya, semnagat pergerakan dan perjuangan tidak akan pernah berhenti di era digital ini. melihat perjalanan seorang manusia dari sejak dini menggambarkan generasi pergerakan perubahan meuju kesejahteraan dan kemandirian Indonesia akan terus berlanjut. dari jerihpayah orang tua mengasuh anaknya sampai pemerintah mendukung hal ini. kenyataan ironis tidak membuat kurus dari idealitas yang semestinya dimiliki tiap-tiap pribadi intelektual seperti pembaca satu ini, (salam hangat). ambil saja contoh dunia pendidikan, akan menjadi kegelisahan bersama apabila dunia pendidikan tdk kemudian diperjuangkan semestinya kepada bangsa kita saat ini yang realitanya belum jelas karakternya untuk mencapai satu cita pengetahuan yang mapan
Abad ini diumumkan era informasi, yang banyak kemungkinan sambutan-sambutan mirirs disetiap pagi siang sampai petang dari berbagai berita di televisi maupun media lain, yang serasa membawa Indonesia tidak ada kamanan/ negara/ pemerintahannya. Hasil dari persekutuan antara elit bisnis dengan elit politik ditengah institusi media telah memperbudak dan membodohi masyarakat dari segala aspek dalam kehidupan. sehingga dapat kita simpulkan bahwa produksi media adalah bagian dari kepentikan kelompok yang lepas dari tanggungjawab terhadap publik...
Dimana ini eksistensi media di Indonesia yang katanya pancasila??
Terbukti dari efek yang dilahirkan dari khalayak terkait isu-isu media yang terus menggerus pola pikir masyarakat. bahkan diakui atau tidak bagian dari alat produksi kepercayaan dan sejarah era ini adalah media massa!!
Sepakat! bahwa seorang jurnalis mengupayakan kinerja profesional; artinya tidak ada niat/tujuan satu kepentingan yang bersifat sepihak.
Kembali pada induk/generasi jurnalis yang duduk di perguruan tinggi yang mengemban misi Islam sebagai sosok mapan dalam teori mapun skillnya umumnya bidang komunikasi. sebenarnya tonggak keilmuan komunikasi Islam tidak lepes dari berbagai isu publik maupun institiusi media itu sendiri. tentang masyarakat, pendidikan, ekonomi, budaya sampai masalah kursial politik yang tetap menjamur di negri tanah surga ini katanya.
Kecenderungan ilmu komunikasi secara umum, cakap & memiliki wawasan teoritis serta pengembangan ilmu Komunikasi Politik secara mandiri Profesional sebagai praktisi Komunikasi Politik terutama dalam menguasai strategi kampanye politik, menggalang & mendeteksi opini publik, psikologi sosial, komunikasi dalam partai negosiasi & dialog politik, diplomasi publik dan sosialisasi kebijakan / platform organisasi.
Kenyataan itu diumumkan diberbagai institut islam terkait tujuan sekaligus peluang bidang ilmu komunikasi di masyarakat semakin hari semakin tinggi tidak ada satu sektor pun dalam bidang kehidupan masyarakat yang tidak bersentuhan dengan komunikasi. Program aktifitas kebijakan aturan di bidang Ekonomi, politik, agama, hukum, kesehatan, sosial, budaya akan lebih efektif dan tertata secara profesional manakala sudah maknai sama (communess) oleh para ”stakeholders”nya. Untuk itu tenaga profesional di bidang komunikasi dengan kualifikasi magister saat ini lebih banyak diperlukan masyarakat. Untuk mengantisipasi kondisi tersebut adanya forum komunikasi mahasiswa nasional dapat memperkenalkan pengetahuan dan jaringan skala nasional sekaligus peluang besar memperkokoh pergerakan yang mengemban misi Islam.
Dan tidak ketinggalan dalam pengelolaan dakwah serta dapat melakukan bimbingan & penyuluhan baik secara langsung maupun melalui media massa, selain itu mempu meneliti perkembangan dakwah & riset audiens serta mengembangkan organisasi dakwah tentunya.
Membangkitkan semangat mahasiswa era digital hari ini akan memperjelas idealitas yang semestinya dimiliki tiap-tiap pribadi intelektual. 



Related Post

Next
Previous

0 Komentar: