SATU GENERASI TEKNOLOGI TERBARU



KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam yang telah menciptakan anak cucu adam dengan ilmu dan amal diseluruh alam dengan fitroh dan akalnya. Sholwat salamNya semoga tetap kepada sosok revolusioner sejati Islam Muhammad bin Abdllah yang menjadi gustinya orang-orang arab dan orang-orang ajam.
 Seiring berjalannya sejarah manusia pada dasarnya tidak pernah sepi dari para Pencari Tuhan melalui pernak pernik dunia dan perkembangannya. Manusia melakukan pencarian demi menemukan Tuhan yang sebenarnya, tidak kaku pada wilayah outputnya namun eksistensinya. Demikian sekilas terlintas dibenak untuk mengawali proses belajar kita disebuah Universitas berbasis pesantren.
Perkembangan teknologi diiringi bersaingnya perusahaan satu dengan yang lain. Produk-produk unggulan selalu mewarnai sekaligus menjadi iming-iming konsumen dengan berbagai kreatifitas desain dan aplikasi dalam mengembangkan sistem teknologi laptop maupun ipad dewasa ini.
Dalam artikel ini, saya berusaha maksimal menyusun dengan keteguhan hati dan ta’dzim kepada dosen pengampu matakuliah Ilmu Komputer Bp. Wahyu Widodo, S.Kp. yang mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca khususnya dan pihak akademik sebagai salah satu artikel yang mendukung perkembangan teknilogi komputer maupun latop.
Dalam artikel ini akan sedikit mengupas sebuah produk dari perusahaan berbasis di Taiwan yang memproduksi komponen komputer, laptop, dan lain-lain. Namun pembahsan yang akan berusaha dipaparkan secara lebar adalah satu produk bermerk asus yang pada bulan Oktober lalu meluncurkan Vivobook di Jakarta. Yang kedua salah satu produk yang didirikan pada 1 Maret 1938 di Daegu, Korea, perusahaan ini beroperasi di 58 negara dan memiliki lebih dari 208.000 pekerja. Pada 2003 pendapatannya adalah US$101,7 milyar. Lebih lanjut dan panjang akan dibahas dalam artikel ini. Demikian kata pengantar secuplik artikel pembahasan yang harapannya bermanfaat.     
                                                                                                                                                                    Penyusun 

BAB I
PENDAHULUAN
Asustek Computer Inc. ditulis dengan gaya huruf kapital ASUS, adalah sebuah perusahaan berbasis di Taiwan yang memproduksi komponen komputer seperti papan induk, kartu grafis, dan notebook. Asus belakangan ini mulai memproduksi PDA, Telepon genggam, monitor LCD, dan produk komputer lainnya. Asus pada 2005 menjual papan induk lebih banyak dari perusahaan lainnya, termasuk 30 juta pada 2004. Angka ini termasuk kontrak merek lain. Asus juga memproduksi komponen untuk perusahaan lain, termasuk PS2 Sony dan Apple Ipod, iBook, dll.[1]
Ditengah berkembang dan maraknya kecanggihan teknologi baru, Asus tak ingin ketinggalan menyambut kedatangan sistem operasi Windows 8. Produsen komputer asal Taiwan ini memperkenalkan VivoBook, produk notebook yang bisa dinavigasi dengan sentuhan jari.
Sebagai misi menjadu pemimpin dunia dalam teknologi digital Samsung Electronics maju ke sebuah era baru dalam pengembangan produk, budaya perusahaan dan kontribusi kepada masyarakat global. Kini Samsung secara inivatif merekomendasikan Windows 7 yang dengan seri terbarunya pada bulan September 2012 lalu.
Dalam artikel ini akan sedikit mengupas sebuah produk dari perusahaan berbasis di Taiwan yang memproduksi komponen komputer, laptop, dan lain-lain. Namun pembahsan yang akan berusaha dipaparkan secara lebar adalah satu produk bermerk asus yang pada bulan Oktober lalu meluncurkan Vivobook di Jakarta. Yang kedua salah satu produk yang didirikan pada 1 Maret 1938 di Daegu, Korea, perusahaan ini beroperasi di 58 negara dan memiliki lebih dari 208.000 pekerja. Pada 2003 pendapatannya adalah US$101,7 milyar. Lebih lanjut dan panjang akan dibahas dalam artikel ini.[2]


BAB II
PEMBAHASAN
      I.            SATU LAPTOP TERBARU SEPTEMBER 2012
Era digital telah membawa perubahan, dan kesempatan yang revolusioner bagi bisnis secara global. Berdedikasi untuk membuat dunia yang lebih baik melalui berbagai bisnis yang hari ini diantaranya adalah teknologi tingkat tinggi, semikonduktur, pencakar langit dan konstruksi, petrokimia, fashion, obat obatan, finansial, hotel dan banyak lagi. Berbagai  perusahaan Electronics ternama, memimpin pasar global di bidang pembuatan barang elektronik teknologi tinggi dan media digital. Melalui inovasi, produk andal dan layanan-layanan, orang-orang berbakat, pendekatan bertanggung jawab pada bisnis dan warga negara global, juga kolaborasi dengan partner-partner serta pelanggan dalam suatu perusahaan, mereka semua seakan membawa dunia ke arah baru yang imajinatif.
Berawal dari bisnis ekspor kecil di Taegu, Korea, Samsung tumbuh menjadi salah satu perusahaan elektronik terkemuka di dunia, dengan spesialisasi pada media dan peralatan digital, semikonduktor, memori, dan integrasi sistem. Kini proses dan produk inovatif dan berkualitas Samsung terus menantang di dunia digital. Itu semua menjadi tonggak utama dalam sejarah Samsung, menunjukkan bagaimana perusahaan ini telah mengembangkan jajaran dan pencapaian produknya, meningkatkan pendapatan dan saham pasarnya, dan mengikuti misinya untuk memberikan hidup yang lebih baik bagi pelanggan di seluruh dunia.[3]
1.      SAMSUNG SERIES 9 (NP900X3C)
Sebagai misi menjadu pemimpin dunia dalam teknologi digital Samsung Electronics maju ke sebuah era baru dalam pengembangan produk, budaya perusahaan dan kontribusi kepada masyarakat global. Kini Samsung secara inivatif merekomendasikan Windows 7 yang dengan seri terbarunya pada bulan September 2012 lalu yaitu Series 9 (NP900X3C) dengan detal sebagai berikut:
Ø  Genuine Windows® 7 Home Premium (64-bit)
Ø  Intel® Core™ i5 Processor 3317U
Ø  13,3" SuperBright 400nit HD+ LED Display 
Ø  128GB Solid state Drive

2.      DESAIN DAN VISUALLY
Tampilan premium eksklusif yang berbeda dari yang lain dan desain aerodinamis yang halus dari Samsung Seri 9. Ramping, dengan bodi aluminium 100% dan finishing matt nan elegan. Dan semakin dikuatkan dengan warnaMineral Ash Black dan fitur yang dirancang dengan indahnya.
Tambahkan lebih banyak keceriaan ke dalam hidup Anda dengan Samsung Seri 9, yang menggunakan generasi ke-3 terbaru Intel®Core™ processor.* Nikmati keuntungan performa yang cepat dan dramatis, termasuk pemrosesan CPU 10~15% yang lebih efisien, ditambah 2x proses media yang lebih cepat media dan merender 3D. Segala sesuatu yang Anda sukai, seperti menonton film HD, mengedit atau membuat presentasi yang hebat akan lebih cepat dan lebih tajam.
Series 9 bekerja dan bermain lebih efisien dengan "instan on". Fast Start mengaktifkan notebook Anda dari sleep mode dalam 1,4 detik. Hybrid sleep mode yang inovatif ini menggabungkan start-up cepat dari sleep mode dengan hibernasi yang stabil. Informasi yang dibutuhkan dengan sebuah Solid State Drive (SSD) menyediakan start up dan waktu akses data yang signifikan lebih cepat dibandingkan dengan HDD. Dan tanpa adanya bagian yang bergerak menjadikannya lebih rentan terhadap kesalahan dan kerusakan.[4]

   II.            SATU LAPTOP TERBARU OKTOBER 2012
Ditengah teknologi yang terus berkembang sedemikian rupa dan semakin tampil dengan begitu canggih. Sekarang giliran dari ASUS untuk menampilkan karya teknologi baru mereka yaitu Notebook VivoBook ASUS layar sentuh. Tentunya disamping peluncuran produk tersebut mereka juga menggunakan sistem windows terbaru dari Microsoft, yaitu sistem windows yang dikembang dari windows-windows sebelumnya.
Permasalahan Asus ini diumumkan tak mau kalah dengan produk yang lain. VivoBook adalah salah satu produk ditujukan untuk menawarkan pengalaman sentuh intuitif yang dioptimalkan untuk Windows 8. Fitur sentuh sendiri lebih dari sekadar fitur biasa: ia telah menjadi inti dari pengalaman yang ditawarkan VivoBook.
Bermula dari Windows 8 yang resmi diluncurkan pada 26 Oktober lalu, berimbas pada ramainya produsen PC yang membuat produk baru untuk sistem operasi layar sentuh ini. Tak terkecuali Asus, vendor asal Taiwan itu memperkenalkan 2 seri barunya yang dimasukkan dalam keluarga VivoBook.
Asus Vivobook memiliki desain yang menarik, tahan lama dan portabel, menjaga unsur-unsur dari seri Zenbook. Setiap portables memiliki ASUS SonicMaster suara dan instant-on fitur yang memungkinkan dimulainya kembali bekerja dalam 2-4 detik. VivoBook ASUS membawa pengalaman baru dan menyenangkan dalam menggunakan serangkaian portabel dan akan memperluas dengan model-model baru akhir tahun ini.
A.       MULTIPOINT DAN TOUCHPAD ASUS TERBARU
Multipoint responsif artinya merupakan perkembangan baru dalam teknologi seperti dalam Bluetooth yang memungkinkan Headset untuk dihubungkan ke dua perangkat pada saat yang sama. Ketika ada panggilan masuk, headset Bluetooth disitu tahu mana perangkat berdering dan akan terhubung ke orang yang tepat secara otomatis.
Multipoint dapat menguntungkan pengguna, misalnya headset Bluetooth:
a.       Jika Anda harus membawa sekitar telepon kerja dan telepon pribadi tetapi tidak ingin repot memiliki dua headset terpisah.
b.      Jika Anda menggunakan Skype di rumah, tetapi tidak ingin terikat untuk duduk di depan PC Anda.
c.       Jika Anda suka mendengarkan musik, tetapi tidak ingin ketinggalan panggilan masuk karena Anda punya headset pada.
Dalam setiap contoh, Multipoint memungkinkan Anda untuk dengan mudah membuat dan menerima panggilan dari beberapa perangkat, apakah itu ponsel, laptop, game konsol atau pemutar MP3.
Penggunaan teknologi layar sentuh untuk mengontrol perangkat elektronik pra-tanggal teknologi multi-touch dan komputer pribadi, atau istilah lain dalam komputasi disebut Multi-Touch. Multi-Touch mengacu pada (trackpad atau touchscreen) kemampuan permukaan sentuh penginderaan untuk mengenali adanya dua atau lebih titik kontak dengan permukaan. Kesadaran jamak-poin yang sering digunakan untuk mengimplementasikan fungsi canggih seperti pinch to zoom atau mengaktifkan program yang telah ditetapkan. Dalam hal ini upaya klasifikasi disambiguasi atau pemasaran beberapa perusahaan lebih memecah berbagai definisi multi-touch.
Sedangkan Touchpad atau Trackpad adalah perangkat penunjuk yang menampilkan sensor taktil, permukaan khusus yang dapat menerjemahkan gerakan dan posisi jari pengguna ke posisi relatif di layar. Touchpads adalah fitur umum dari komputer laptop, dan juga digunakan sebagai pengganti mouse di mana meja ruang langka. Karena mereka bervariasi dalam ukuran, mereka juga dapat ditemukan pada personal digital assistant (PDA) dan beberapa media player portabel. Touchpads nirkabel juga tersedia sebagai aksesori terpisah.[5]
Produknya yang dilengkapi dengan touchscreen dari Vivobook asus ini diterjemahkan menjadi satu tatanan sistem oprasi yang mendukung dalam perkembangan teknologi saat ini. Keluarga VivoBook punya 2 seri, VivoBook S200E dan VivoBook S400CA. Dua seri yang disebut pertama menggunakan prosesor Intel, sementara adanya VivoBook U38 bertenagakan prosesor AMD Trinity. Semua Notebook ini punya layar sentuh, sebuah fitur kunci yang dibutuhkan Windows 8 untuk bisa bekerja maksimal.
B.       MODEL VIVOBOOK ASUS
Microsoft segera merilis sistem operasi terbaru, Windows 8, pada 26 Oktober mendatang. Berbagai perangkat terbaru pun siap menggunakan Windows 8 yang mengoptimalkan sentuhan, salah satunya adalah Asus VivoBook. Ada dua notebook berteknologi layar sentuh VivoBook yang akan dirilis Asus, yaitu VivoBook S200 dan S400. Kedua notebook tersebut mengawali rangkaian produk berlayar 11,6” sampai 14” yang dikembangkan berdasarkan sentuhan.
Dari sudut pandang teknologi, tujuan utama VivoBook adalah menyediakan pengalaman sentuh yang sangat intuitif yang dioptimalkan untuk Windows 8. Seluruh model VivoBook menggunakan panel sentuh multi-point yang responsif, dan touchpad yang lebih luas juga memungkinkan input haptic serta menggunakan teknologi ASUS Smart Gesture.
Kedua produk VivoBook ini hadir dengan desain portabel yang menarik. Layar yang seluruhnya menggunakan kaca membuat produk ini tampil lebih elegan dan kokoh, di saat yang sama, chassis-nya dibalut.
Seluruh model VivoBook didesain menggunakan panel sentuh multi point yang diklaim responsif, dan touchpad yang cukup luas juga memungkinkan input haptic, menggunakan teknologi Smart Gesture. Termasuk untuk seri S200 sendiri yang ringkas namun tetap menggunakan touchpad seluas notebook berukuran 14 inch.
ViVoBook dilengkapi dengan teknologi pengeras suara SonicMaster dan perangkat lunak InstanOn yang membuat notebook ini bisa bangun kembali dalam dua detik dari modus tidur (sleep). Selain itu, Asus juga menyediakan media penyimpanan data di awan (cloud) WebStorage sebesar 32GB gratis selama 3 tahun. ViVoBook hadir dengan tiga pilihan warna cerah: merah muda, kebiruan, dan silver.
Artinya ASUS SonicMaster untuk mengambil upgrade audio yang lebih lanjut. Iterasi baru menggunakan baik-dioptimalkan hardware, dengan penguat diskrit keluaran hingga 11W. Ini disediakan 19V langsung untuk suara lebih kuat dan bersih. Speaker baru mengukur  32mm vs 18mm pada notebook standar - peningkatan 70%.[6]
1.     ViVoBook S200
Untuk VivoBook S200 ASUS menggunakan Prosesor core i3 dan paling rendah Dual Core. Teknologi tambahan yang “diinjeksikan” pada processor Intel i3 ini adalah di dalam processornya sudah terdapat atau dengan kata lain sudah terintegrasi dengan GPU (Graphical Processing Unit). Jadi komputer akan tetap bisa menyala dan menghasilkan gambar tanpa adanya VGA card. Dan bahkan mungkin bisa memainkan game-game 3D tanpa perlu “kerja keras” GPU dari VGA card.
Dalam hal ini untuk jenis Intel Core i3 yang digunakan pada VivoBook S200, ia menggunakan microarchitecture dengan codename Arrandale. Core i3 versi mobile ini memiliki L3 cache sebesar 3 Mb dan TDP yang jauh lebih kecil, yaitu hanya 35 watt. Dan tentu saja masih memiliki core processor yang sama, yaitu dua buah core dengan integrasi GPUnya.[7] 
Secara detail VivoBook S200 memiliki ukuran layar 11,6 inci, dengan aspek rasio 16:9 dan beresolusi 1366 x 768 pixel. Tebalnya 2,17cm dan bobot 1,4kg. VivoBook S400 ASUS menggunakan prosesor core i3 dan core i5.
2.     VivoBook S400
Versi ini berjalan dengan sistem operasi Windows 8 dan menggunakan bahan lapisan aluminium ringan, tipis dan elegan. Seri S400 dibekali resolusi dan aspek rasio layar yang sama dengan VivoBook S200, namun ia punya bentang layar yang lebih luas sebesar 14 inci. VivoBook Asus S400 tersedia dalam tiga warna: abu-abu baja, mewah pink dan silver panas. Tidak hanya itu notebook ini juga USB 3.0, WIFI dan Bluetooth 4.0 juga dalam seri ini, ditambah 3 cell baterai Lithium Polymer dan resmi garansi Asus global untuk 2 tahun.
Seri S200E merupakan notebook kelas low end yang ditujukan untuk pengguna berbudget ketat. VivoBook S400 juga tersedia dalam dua pilihan prosesor, yaitu Intel Core i3 dan Intel Core i7. Perangkat ini diperkuat dengan RAM 4GB DDR, media penyimpanan data hard disk 500GB dan SSD24GB, serta memakai Windows 8 atau Windows 8 Pro.
Meski mengusung ukuran layar berbeda, unit display pada Vivobook S200 dan S400 memiliki tingkat resolusi yang sama, yaitu 1366x768. Keduanya mendukung jenis input touchscreen dan datang dengan sistem operasi Windows 8.

III.            SATU LAPTOP TERBARU NOVEMBER 2012
Menciptakan sebuah teknologi computer terbaru, baik sederhana dan membuatnya tersedia untuk semua orang merupakan inti dari misi semua perusahaan berkelas di dunia perindustrian teknologi digital. Terus bekerja sama dengan mitra lain untuk membuat mereka mudah mengakses segala kebutuhan ditengah masayrakat modern agar lebih terjangkau adalah salah satu setrategi distribusi mapan. Dengan memperkenalkan tambahan aplikasi baru juga merupakan sebuah kontribusi dalam melayani penggemar maupun konsumen.
Sebelumnya google telah meluncurkan Notebook Samsung Chromebook, tapi dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan Acer C7 Chromebook yaitu sekitar Rp. 2.4 juta. Tapi tentu saja fitur yang ditawarkan juga lebih bagus dibandingkan Chromebook dari Acer ini. Satu teknologi baru yang diusung oleh produk Acer New pada bulan November 2012 ini membuktikan perkembangan dan persaingan kecanggihan teknologi tidak akan berhenti. Di Amerika Serikat popular disebut sebagai the new Acer C7, yang sudah dipasrkan di Inggris dsan Amerika Serikat.


1.      ACER C7 CHROMEBOOK TERBARU DARI GOOGLE
Belum lama ini Google telah memperkenalkan Chromebook terbarunya yaitu Acer C7 Chromebook. Notebook ini menggunakan Chrome OS sebagai sistem operasinya. Satu kelebihan dengan hanya dibutuhkan waktu sekitar 18 detik untuk menyalakan chromebook ini, mulai dari menekan tombol power sampai tampilan penuh.
Chromebook berbasis Chrome OS ini merupakan sistem operasi berbasis cloud hasil pengembangan Google. Semua aplikasi yang diperlukan bisa diakses langsung dari internet. Semua data juga disimpan di layanan cloud. Hal yang dmendasar dalam bisnis disuatu perusahaan adalah apakah stock Chromebook milik Samsung ini pun dikabarkan langsung habis pada saat awal penjualannya di AS. Apakah notebook Acer ini, dengan harganya yang sangat terjangkau, akan laris di pasaran? Apalagi ditengah isu dimedia Acer C7 Chrome ini tidak terlalu memberikan detail dari spesifikasi C7 ini. Namun, diketahui kalau perangkat laptop ini memiliki layar berukuran 11,6 inci yang mampu menghadirkan tampilan dengan resolusi 1366 x 768. Laptop Acer C7 ini memiliki bobot 1,5 kg.[8]
Untuk saat ini, produk tersebut adalah satu-satunya ada di dua wilayah di mana Acer Chromebook C7 akan tersedia untuk pembelian, namun Google menegaskan hal itu akan membawa komputer pribadi ke negara-negara lain sesegera mungkin.
2.      SPESIFIKASI ACER CHROMEBOOK C7
Produk ini dibawah flagship terakhir dari generasi Chromebook yang ditenagai oleh prosesor Intel Celeron 867 dual-core dengan memori RAM 4GB sera ruang penyimpanan berupa NAND 16GB. Sekilas, Acer Chromebook C7 ini mirip dengan Acer Aspire One 756 karena keduanya mengusung basis desain yang sama. Acer Chromebook C7 ini dikabarkan dilengkapi dengan baterai yang mampu menghidupi Chromebook ini hingga 3,5 jam penggunaan.
Berbeda dengan Chromebook besutan Samsung yang ditenagai oleh prosesor berbasis ARM, yakni Samsung Exynos 5 dual-core, Acer Chromebook C7 ini ditenagai oleh prosesor berbasis x86 dari Intel. Acer Chromebook C7 ini menggunakan prosesor Intel Celeron 847 dual-core dengan kecepatan 1,1GHz yang dilengkapi L3 cache sebesar 2MB. Acer Chromebook C7 ini dibekali memori RAM sebesar 2GB dan ruang penyimpanan berupa hardisk dengan kapasitas 320GB dengan harga USD $199 atau sekitar Rp. 1,8 jutaan.[9]







BAB III
KESIMPULAN
Sebuah teknologi dan bisnis tidak bisa berhasil bila tidak dapat menciptakan kemakmuran dan kesempatan untuk orang lain. Satu produk didedikasikan untuk menjadi warga kosrporat yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan dalam setiap komunitas di mana perusahaan beroperasi di seluruh dunia. Teknologi perkembangan komputer tidak akan pernah berhenti seiring dengan perkembangan jaman. Mulai dari komputer pertama dilahirkan, Perusahaan pengembang saling berlomba-lomba berinovasi mengembangkan komputer tercanggih di Dunia. Seperti yang kita ketahui dan kita rasakan, bahwa perkembangan teknologi dari tahun ke tahun berkembang begitu pesatnya.
            Sehingga dalam beberapa ulasan di atas, dapat sedikit saya simpulkan bahwa perkembangan teknologi terutama laptop dasn notbook mengalami perubahan yang sangat signifikan. Diusung dengan Multi-Touch ditambah desain yang semakin mini dan mudah untuk dibawa kemanapun tempatnya merupakan satu kemasan baru dalam dunia teknologi komputer khsusnya laptop.



BAB IIIV
PENUTUP
            Berbagai perspektif dalam menyimpulkan perkembangan teknolongi memberikan sumbangsih keilmuan baru untuk menjadi satu sains teknologi informatika seperti komputer ditengah arus teknologi hari ini. Menurut penyusun artikel, informasi yang di iringi majunya perkembangan media informasi selalu bersinggungan dengan popularitas suatu produk yang kemudian ditawarkan kepada dunia dengan membawa fitur aplikasi mapan. Harapannya, mahasiswa UNSIQ khususnya yang mengemban misi Islam dapat mengusung dari berbagai kemajuan untuk dijadikan referensi yang kongkrit dalam rangka menciptakan counter technology Islam.
Demikian artikel ini saya susun, secara formal adalah sebagai tugas matakuliah Ilmu Komputer dan secara umum untuk dipandang dari satu kesimpulan perkembangan teknologi komputer khusunya laptop dan notbook hari ini. Semoga bermanfaat dan membawa keberkahan ilmu yang bermanfaat bagi seluruh mahasiswa Universitas Sains Al-Qur’an dan semua umat manusia umumnya. Amin



DAFTAR PUSTAKA

5.             www.samsung.com/my


Related Post

Next
Previous

0 Komentar: